Senin, 20 Februari 2017

Penyebab Fistula Ani

Penyebab Fistula Ani

Penyebab Fistula Ani,- Fistula ani merupakan bahasan medis untuk menyebutkan kondisi saluran antara bagian akhir usus yakni rektum sampai lubang anus dan kulit di sekitar lubang anus yang mengalami infeksi.

Masalah fistula ani dapat terlihat gejala nya dari adanya nyeri pada anus dan terdapat lendir atau darah pada saat buang air besar.

Penyebab Fistula Ani

Anda harus waspada apabila anda mengalami beberapa gejala berikut ini, karena bisa jadi ini merupakan gejala dari fistula ani :
  • Iritasi yang terjadi pada kulit sekitar anus.
  • Rasa sakit terus datang dan sangat mengganggu ketika sedang duduk, bergerak, batuk, atau buang air besar.
  • Adanya lendir seperti darah pada saat buang air besar.

Penyebab Fistula Ani

Secara umum fistula ani bisa disebabkan oleh adanya infeksi yang terjadi pada kelenjar anus yang bisa sebabkan penumpukan nanah. Fistula ani akan membentuk saluran di bawah permukaan kulit yang menghubungkan pada kelenjar yang mengalami infeksi. Apabila tidak dapat kering dengan sendirinya, maka nanah tersebut harus dikeluarkan dengan melakukan tindak operasi.

Masalah fistula ani sendiri bisa di kategori kan ke berbagai jenis dan tergantung pada kondisi dan posisi nya. Ada yang rendah dan ada juga yang tinggi, karena hal ini tergantung dari seberapa dekat posisi nya dengan otot-otot sphincter atau kumpulan otot pada ujung anus. Ada beberapa yang kompleks dan ada juga yang sederhana, itu juga tergantung apakah hanya terdapat satu saluran fistula atau ada jaringan yang saling menghubungkan.

Secara umum ada dua penyebab utama fistula ani, yang diantaranya adalah :

Infeksi pada anus

Kondisi ini merupakan hal umum yang disertai abses atau penumpukan nanah pada anus. Nanah sendiri biasanya muncul ketika kelenjar kecil dalam anus sudah terkena infeksi bakteri. Kondisi ini pun sering terjadi pada orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Jika fistula yang anda alami disertai nanah, maka tubuh anda akan mengalami demam tinggi, lemas dan merasa lelah.

Peradangan pada usus

Fistula ani sendiri bisa terjadi karena adanya komplikasi atau gangguan pada usus besar yang diakibatkan oleh beberapa kondisi diverkulitis atau infeksi pada kantong kecil pada bagian samping usus besar dan kondisi penyakit crohn yaitu kondisi kronis yang mengakibatkan terjadinya inflamasi pada dinding sistem pencernaan.

Penyebab Lain Fistula Ani

Fistula ani sendiri bisa disebabkan oleh beberapa penyebab fistula ani lain yang diantaranya adalah :
  • Bawaan lahir.
  • Terkena penyakit menular seksual seperti sifilis dan klamidia.
  • Terkena tuberkolosis karena paru-paru terkena infeksi bakteri dan dapat menyebar ke bagian tubuh lain.
  • Kanker anorektum.
  • Komplikasi akibat operasi.

Itulah beberapa penyebab fistula ani yang bisa saya berikan informasinya. Semoga bermanfaat. dan untuk obatnya anda bisa cek disini : Obat Fistula Ani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar