Gatal Selangkangan

Gatal Selangkangan

Gatal Selangkangan,- Rasa gatal di selangkangan akan terlihat tidak pantas jika anda menggaruk nya di tempat umum, padahal anda sendiri sudah tidak tahan dan sudah tidak kuat ingin menggaruk gatal selangkangan nya.

Gatal Selangkangan

Selangkangan yang terasa gatal akan terlihat kemerahan atau seperti mengelupas. Gatal pada selangkangan di bagian pinggir pun bisa terlihat lecet kulitnya.

Secara umum gatal di selangkangan bisa disebabkan infeksi jamur di bagian luar kulit. Infeksi tersebut bisa disebut tinea cruris dan ini bisa menginfeksi bagian terluar dari rambut atau kuku.

Selangkangan sendiri merupakan lokasi jamur yang bisa berkembang dengan sangat cepat sebab selangkangan merupakan tempat yang lembap dan hangat. Area lainnya yang bisa menjadi tempat berkembang jamur adalah paha bagian dalam dan bokong. Infeksi jamur pada selangkangan selain mengeluarkan rasa gatal bisa disertai rasa nyeri juga.

Untuk penderita diabetes dan mereka yang terkena obesitas harus berhati-hati, sebab memiliki risiko tinggi mengalami gatal pada selangkangan akibat infeksi jamur.

Selain dari infeksi jamur, penyebab lain dari gatal selangkangan adalah karena iritasi dari pakaian dalam yang terlalu ketat, infeksi bakteri di vagina wanita, infeksi yang terjadi pada kulup penis pria yang kurang bersih, serta kudis dan infeksi bakteri seperti molluscum contagiosum.

Untuk orang-orang yang aktif dalam aktivitas seksual, maka gatal selangkangan bisa terjadi akibat dari penyakit menular seksual seperti herpes genital, sifilis, infeksi kutu dan kutil kelamin.

Cara Mengatasi Gatal Selangkangan

Rasa gatal yang mengganggu jelas akan membuat seseorang menjadi tidak nyaman, maka untuk mengatasi gatal selangkangan akibat jamur, anda bisa menggunakan krim atau bedak anti jamur. Selain itu anda juga harus membersihkan area selangkangan yang gatal dengan sabun dan air sebelum menggunakan krim atau bedak anti jamur. Gunakan secara merata dan teratur.

Selain penggunaan krim atau bedak, anda juga bisa mengkonsumsi obat untuk diminum. Biasanya obat yang dipakai berupa antibiotik.

Selain pengobatan dengan obat, krim atau bedak, ada baiknya anda mulai membenahi diri agar selalu bersih. Pastikan anda mandi sampai bersih setiap 2 kali sehari, jangan sembarangan melakukan hubungan seksual, kemudian cuci pakaian dalam anda.

Selain mencuci pakai dalam, anda juga harus mencuci selimut dan sprei tempat anda tidur setidaknya 1 kali dalam seminggu. Disarankan juga untuk wanita menggunakan sabun kewanitaan yang cocok dan gunakan secara teratur atau jangan berlebihan. Anda juga harus hati-hati terhadap pembalut untuk haid, sebab jika bahan pembalut nya kotor atau tidak cocok, maka bisa sebabkan gatal selangkangan.
Previous
Next Post »