Cara Mendeteksi Penyakit Ginjal

Cara Mendeteksi Penyakit Ginjal

Cara Mendeteksi Penyakit Ginjal,- Penyakit gagal ginjal merupakan penyakit yang dapat membunuh penderitanya secara diam-diam.

Disebut demikian sebab orang yang menderita penyakit gagal ginjal sering tidak sadar dengan gejala gagal ginjal yang dialaminya, dan pada saat sadar mereka sudah menderita penyakit gagal ginjal, bahkan ada yang sudah parah.

Maka dari itu, anda perlu tau cara mendeteksi penyakit ginjal agar bisa sembuh, atau setidaknya anda dapat bertahan dari penyakit gagal ginjal.


Berdasarkan informasi yang saya dapat dari situs kesehatan ginjal www.kidney.org, dengan mengetahui cara mendeteksi penyakit ginjal atau gagal ginjal ini sebenarnya bisa dilakukan dengan melakukan serangkaian tes yang mudah dan sederhana.

Tes ini bisa anda lakukan sendiri di rumah sakit terdekat. Tes kesehatan juga sangat penting demi mendapatkan diagnosa penyakit yang pasti agar tau mengenai rencana pengobatan yang harus dilakukan.

Seperti apa tes nya? Berikut ini adalah cara mendeteksi penyakit ginjal :

Tes Tekanan Darah

Tes tekanan darah harus dilakukan untuk mengetahui tinggi rendahnya tekanan pada darah anda. Tekanan darah yang tinggi merupakan penyebab umum dari penyakit gagal ginjal. Jika tekanan darah anda tinggi dan ada sekitar 140/90 mmHg, maka sudah pasti anda mengalami hipertensi. Maka dari itu, melakukan gaya hidup sehat untuk mengendalikan tekanan darah sangat penting agar risiko terkena penyakit gagal ginjal menurun. Selain itu, dengan bisa mengendalikan tekanan darah maka anda pun akan terhindar dari risiko penyakit jantung dan stroke.

Tes Urine

Melakukan tes urine biasanya dilakukan pemeriksaan warna urine untuk bisa mengetahui kondisi ginjal. Kondisi ginjal yang sehat atau tidak sehat dapat terlihat dari warna urine, tapi untuk bisa melakukan tes ini diperlukan pengukuran dengan albumin kreatinin ratio agar bisa mengukur jumlah kebocoran albumin ketika ginjal mengalami kerusakan.

EFGR

EFGR atau estimate-Gromerular Filtration Rate adalah metode pemeriksaan untuk memberitahu seberapa baik ginjal anda dapat bekerja menghilangkan limbah atau kotoran dari darah anda. Jadi sederhananya EFGR ini adalah cara terbaik untuk memeriksa fungsi ginjal. Apabila EFGR memberikan anda angka 60 mL/men/1.73 m2 atau lebih, maka ini artinya ginjal anda sedang berfungsi dengan normal.

Itulah beberapa cara mendeteksi penyakit ginjal. Beberapa cara di atas memang mudah dan sederhana, tapi cara yang saya sebutkan di atas harus dilakukan sesuai dengan petunjuk dokter.
Baca juga : Cara Menyembuhkan Penyakit Ginjal
Previous
Next Post »