Faktor Penyebab Telat Haid yang Perlu Diketahui

Faktor Penyebab Telat Haid yang Perlu Diketahui - Menstruasi atau haid adalah suatu proses dimana keluarnya cairan darah melalui vagina wanita yang disebabkan oleh meluruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam. Haid ini pasti dialami oleh wanita yang tidak sedang dalam keadaan hamil, sudah memasuki usia subur, dan belum mengalami menopause. Menstruasi atau haid ini juga sering disebut datang bulan. Hal ini karena siklus haid datang secara rutin pada wanita setiap bulannya sepanjang tidak ada pembuahan antara sel telur dan sperma.


Namun, tidak selamanya siklus haid berjalan lancar. Karena, tidak sedikit kasus wanita yang mengalami siklus haid yang tidak lancar atau telat haid. Kebanyakan orang beranggapan bahwa telat haid merupakan salah satu tanda mengalami kehamilan. Anggapan tersebut memang benar, tetapi tidak semua wanita yang mengalami telat haid berarti hamil. Karena, bisa saja telat haid ini terjadi akibat terjadinya gangguan kesehatan.

Berikut ini adalah Beberapa Faktor Penyebab Telat Haid yang Perlu Diketahui :

1. Stres
Stres merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi banyak hal dalam hidup. Salah satunya hal yang dapat dipengaruhi adalah siklus menstruasi. Pada saat seorang wanita mengalami stres, maka tubuh akan menurunkan jumlah hormon GnRH yang bisa mengakibatkan tidak keluarnya darah haid. Untuk itu, sebaiknya lakukan beberapa aktivitas yang bisa membuat anda menjadi lebih rileks dan tenang.

2. Riwayat Penyakit
Jika seorang wanita mempunyai riwayat penyakit, atau sakit dalam jangka waktu yang cukup lama, maka akan mengakibatkan siklus menstruasi menjadi terlambat. Hal seperti ini biasanya hanya terjadi sementara. Siklus haid biasanya akan kembali normal jika kondisi tubuh sudah benar-benar sembuh. Salah satu jenis penyakit yang perlu anda waspadai yang berhubungan dengan telat haid adalah penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi menular melalui hubungan seks. Selain itu ada juga penyakit tumor indung telur yang biasanya menyerang wanita berusia di atas 35 tahun.

3. Perubahan Pola hidup.
Perubahan pola hidup juga dapat mempengaruhi cara kerja tubuh anda salah satunya siklus menstruasi. Kondisi seperti ini biasanya dialami oleh wanita yang bekerja dan mengalami perubahan sift. Dimana jika pada awalnya dia bekerja siang dan jadi malam kondisi inilah yang akan menyebabkan terubahan pada pola hidup.

4. Konsumsi Obat-obatan
Jika seorang wanita mengkonsumsi obat baru yang berbeda dengan obat yang sebelumnya, biasanya akan mengalami gangguan pada sirkulasi haid. Karena, obat-obatan tertentu mempunyai efek samping yang berkaitan dengan menstruasi, khususnya obat-obatan yang mengandung hormon.

5. Obesitas
Obesitas atau berat badan berlebih merupakan salah satu penyebab seseorang bisa mengalami masalah atau gangguan dengan sirkulasi haid. Kegemukan yang di alami pada umumnya dapat menyebabkan hormon tubuh merubah siklus menstruasi. Wanita yang mampu menurunkan berat badan menjadi lebih ideal biasanya akan mendapatan kembali siklus haid yang normal seperti biasa.

6. Pra-menopause
Menopause merupakan suatu kondisi dimana seorang wanita sudah berhenti haid. Pada masa-masa inilah kondisi siklus haid menjadi tidak stabil.

Nah, itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya gangguan atau telat haid. Bagi anda yang saat ini mengalami siklus haid yang tidak lancar sebaiknya segera terapkan pola hidup yang lebih baik, mengatur pola makan dan rutin memeriksakan kesehatan.

Latest
Previous
Next Post »