Kamis, 23 Februari 2017

Penyakit Gerd

Penyakit Gerd

Penyakit Gerd,- Gerd atau Gastroesophageal Reflux Disease merupakan penyakit asam lambung yang di mana kondisi asam pada lambung naik ke kerongkongan (esofagus). Akibat naiknya kadar asam lambung ke kerongkongan, maka orang yang menderitanya akan mengalami rasa mulas, mual dan muntah, nyeri dada, serta sensasi dada terbakar.

Penyakit gerd ini merupakan penyakit yang cukup berbahaya apabila tidak ditangani dengan segera. Penyakit gerd yang parah biasanya berlangsung lama dan akan menyebabkan luka pada dinding lambung.
Penyakit Gerd


Penyebab umum dari penyakit gerd ini adalah kinerja lower esophageal sphincter atau LES yang tidak bekerja dengan seharusnya. LES sendiri merupakan organ yang berfungsi untuk membuka dan menutup jalur masuknya makanan. LES akan menutup secara otomatis ketika makanan sudah masuk ke dalam perut, hal ini dilakukan untuk mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan. Sedangkan pada penderita asam lambung, organ LES sudah tidak bisa bekerja dengan baik, maka ketika makanan sudah masuk ke dalam perut, LES tidak bisa tertutup dengan baik, akhirnya asam lambung pun bisa naik dan masuk ke kerongkongan.

Biasanya yang memicu organ LES tidak bekerja dengan baik adalah pola makan yang tidak benar. Jadi dapat disimpulkan bahwa penyakit gerd ini disebabkan oleh pola makan yang tidak baik. Beberapa makanan pun ada yang bisa memicu kadar asam pada lambung naik tinggi, jadi faktor jenis makanan tertentu pun bisa jadi penyebab penyakit gerd.

Akibat dari asam lambung yang naik ke kerongkongan, maka mulut akan terasa pahit, air liur menetes sendiri, dan bau mulut. Penyakit gerd ini bisa sembuh dengan sendirinya, tapi bisa kambuh lagi dan menyerang penderitanya dalam waktu lama. Jika terlalu lama terkena penyakit gerd, akibat yang paling parah adalah memicu pertumbuhan sel kanker dan disebutlah kanker lambung.

Oleh sebab itu, atasi segera penyakit gerd yang anda derita dengan memulai mengkonsumsi makanan sehat untuk lambung dan mengatur pola makan anda dengan baik dan benar. Apabila anda memiliki pola makan yang benar, maka penyakit gerd yang anda derita bisa teratasi. Untuk pengobatannya sendiri, saya sarankan anda untuk melakukan pengobatan gerd dengan memanfaatkan bahan herbal alami yang bebas bahan kimia.

Jadi intinya, penyakit gerd yang merupakan penyakit naiknya asam lambung ke kerongkongan masih bisa dicegah dan diatasi dengan mengatur pola makan sendiri dengan baik. Selalu mengkonsumsi makanan yang sehat untuk lambung pun bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit gerd yang anda derita. Selain itu, anda juga harus menghindari beberapa makanan yang dapat memicu naiknya kadar asam lambung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar