Jumat, 17 Februari 2017

Mengenal Beberapa Jenis Penyakit Kista

Mengenal Beberapa Jenis Penyakit Kista

Mengenal Beberapa Jenis Kista,- Apakah anda tau penyakit kista? Kebanyakan orang masih belum bisa mengenal penyakit kista mulai dari penyebab dan gejala yang ditimbulkan oleh penyakit berbahaya ini. Padahal apabila penyakit ini sudah berkembang dan tidak ditangani sejak dini, maka bisa berakibat fatal dan dapat sebabkan kematian. referensi: Obat Kista Di Apotik

Mengenal Beberapa Jenis Kista

Kista merupakan suatu penyakit yang menyerang ovarium wanita dan menyerang wilayah di sekitar ovarium. Penyakit kista ini dapat menyerap pada sel telur dalam ovarium yang gagal berkembang.

Penyakit kista sendiri memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda dan semuanya memiliki gejala yang sedikit berbeda juga. Ada banyak jenis penyakit kista, maka sangat penting untuk anda mengenal beberapa jenis kista yang dapat menyerang tubuh seorang wanita.

Dikarenakan anda perlu mengenal beberapa jenis kista, maka berikut ini adalah beberapa jenis penyakit kista yang diantaranya :

Kista folikular

Kista ini dapat terjadi karena sel telur dalam ovarium gagal berkembang dan pecah, setelah itu melepaskan sel telur pada ovulasi yang kemudian tumbuh membentuk kista.

Corpus luteum Kista

Jenis kista ini akan terjadi ketika folikel atau kantung telur tidak bisa melepaskan telur pada ovulasi. Perubahan folikel tersebut yang disebut corpus luteum. Hal ini tentunya akan menyebabkan corpus luteum mengumpulkan cairan yang dapat menjadi bakal dari penyakit kista.

Kista dermoid

Kista dermoid ini merupakan kista yang paling kompleks dan berkembang dari sel-sel yang menghasilkan telur manusia. Jenis kista ini berisi rambut, gigi, atau kulit. Penyakit kista jenis ini jarang sekali berkembang atau berubah menjadi kanker.

Itulah beberapa jenis penyakit kista yang perlu anda ketahui. Dengan mengenal beberapa jenis kista maka akan memudahkan anda dalam melakukan penanganan sejak dini. Selain itu, mengetahui gejala dari kista pun perlu anda ketahui.

Berikut ini adalah gejala umum munculnya penyakit kista :
  • Menstruasi atau haid yang tidak teratur dan tidak lancar.
  • Tulang panggul terasa nyeri saat sebelum atau setelah menstruasi.
  • Tulang panggul akan terasa nyeri pada saat berhubungan seks.
  • Sering buang air kecil dan sulit buang air besar.
  • Sistem pencernaan memiliki proses yang tidak lancar.
  • Perut yang terasa kembung.
  • Sering merasa cepat kenyang dari biasanya.
  • Terasa limbung atau pusing.

Apabila anda merasakan beberapa gejala seperti di atas, maka sebaiknya anda segera periksa ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang pasti dan mendapatkan penanganan yang tepat sejak dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar